04 September 2013

Behind The Scene : My First Tutorial Craft Book

Tampaknya judul postingan ini berlebihan, hihihi. Sebenarnya saya cuma ingin bercerita tentang proses pembuatan buku pertama saya (maklum, masih hangat, jadi yang diceritain ituuu aja :p). Project buku ini saya kerjakan hampir setengah tahun, dari sejak disetujui oleh penerbit (untuk buku yang pertama ini, kebetulan memang saya yang menawarkan kepada pihak penerbit), membuat produk untuk buku, menulis naskah, membuat foto tutorial, sampai buku ini selesai dan diterbitkan.

Sekitar bulan Januari, saya mengirimkan email kepada Tiara Aksa, isinya memperkenalkan diri. lalu menjelaskan kalau saya bermaksud ingin menulis buku mengenai kulit sintetis, saya cantumkan juga beberapa foto kreasi dari kulit sintetis. Alhamdulillah, pihak penerbit tertarik, lalu meminta saya mengirimkan beberapa contoh kreasinya. Setelah saya mengirimkan contoh kreasi, pihak penerbit memberikan masukan apa saja yang harus diperbaiki dari kreasi - kreasi tersebut dan meminta saya melanjutkan proses pembuatan kreasi, waktu itu diminta minimal 25 kreasi. Oiya, awalnya saya akan menulis buku ini bersama Mba Yuyun, tapi karena suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan, akhirnya Mba Yuyun mengundurkan diri dan menyerahkan project ini untuk saya kerjakan sendiri.

Dan, dimulailah proses pembuatan kreasi. Buat saya ini bagian tersulitnya, bagaimana tidak, cakupan tema di buku yang akan saya buat, masih sangat luaaasss. Kalau tidak diberi konsep, pasti saya akan kebingungan menentukan jenis dan bentuk kreasinya. Akhirnya saya memutuskan untuk membagi kreasi dalam buku ini menjadi beberapa tema, setiap tema dibagi berdasarkan fungsinya. Setelah membicarakan ini dengan pihak penerbit, mereka meminta setiap tema terdiri dari 5 kreasi. Daaaan, berhubung tema yang saya usung ada 7, itu artinya ada 35 kreasi yang harus saya buat dalam buku ini. Pelajaran penting yang saya dapatkan saat proses ini adalah 'Membuat 35 kreasi yang berbeda bentuk, warna dan fungsi, sungguh jauuuuuuhh lebih sulit dibandingkan membuat 700 kreasi dengan bentuk yang serupa'. Belum lagi waktu itu saya juga harus membuat stok untuk Inacraft, jadi konsentrasinya terbagi. Tapi alhamdulillah, lewat proses ini saya banyak sekali mendapat ilmu baru, kulit sintetis jenis apa yang enak dijahit, jenis jarum dan benang yang bagaimana yang cocok, penggunaan busa hati sebagai lapisan dan masih banyak lagi. :)

Ini sebagian temanya

Oke, singkat cerita, 35 kreasi kulit sintetis selesai dan dikirim ke Surabaya (kebetulan Tiara aksa bermarkas di Surabaya dan saya tinggal di Jakarta, jadi semua produk harus dikirim kesana). Nah, saat proses ini, ada hambatannya juga, paket produk kreasi saya, tak terkirim dengan mulus ke Surabaya, ekspidisi harus sampai bolak - balik 4 kali hingga akhirnya paket saya bisa tiba dengan selamat. Tapi, setelah kesulitan, pasti ada kemudahan bukan, alhamdulillah, begitu diterima penerbit, semua kreasi saya lolos tanpa harus ada yang direvisi. :)

Lanjut ke proses penulisan naskah, bagian tersulitnya adalah foto tutorial, alat bahan dan teknik dasar. Berhubung penerbitnya di Surabaya, jadi proses ini harus saya lakukan sendiri. Penerbit memberi syarat dan kriteria untuk foto, sementara kamera saya hanya kamera poket biasa. Setelah berdiskusi dengan Mas Rian soal foto dan bagaimana caranya memaksimalkan kamera poket saya (pastinya dengan sedikit berantem :p), plus bantuan tripod, akhirnya proses ini bisa terlewati dan saya dapat sedikit ilmu baru soal fotografi, hehe. (Silahkan lihat hasil fotonya di buku saya, hihihi.. :p)


Setelah proses pembuatan kreasi dan penulisan naskah selesai, itu artinya tinggal menunggu. Menunggu proses pengeditan dan layout. Kalau sudah selesai di layout, editor meminta untuk mengoreksi hasilnya, kira - kira ada yang harus ditambahkan atau dikoreksi atau tidak. Proses terakhir adalah naik cetak dan menunggu terbit, yeaayy!! ^^

Alhamdulillah sudah terbit :)
Daftar isi

Semoga semua proses dan jerih payah yang sudah berubah wujud menjadi sebuah buku ini bisa berguna dan menginspirasi teman - teman yang membaca, aamiin. :)



*Oiya, buat yang ingin membeli langsung ke saya, silahkan kirim email ke mochie2felt.blogspot.com (hanya ada stok 25pcs buku) ^^

10 comments:

  1. kereeen skali :)
    ditunggu kreasi2 berikutnya ya ndah .. sukses!

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Kenapaaah yg dibahas bagian itunyaaaaa, haha.. :p

      Delete
  3. Mba mau tanya beli kulit sintetis warna/I dimana ya ? Tq

    ReplyDelete
  4. wah bagus kreasinya, insiprasi yang sangat luar biasa

    ReplyDelete