28 October 2011

My Mochie2Morphosis

Hai, hai....
Di jum'at siang yang agak mendung, tiba2 ingin nulis postingan ga penting, hehehe... ;p
Ga terasa, sudah 2 tahun lebih hidup di dunia craft n handmade bersama si Mochie2. Ternyata udah lumayan banyak kreasi yang pernah dibuat, mulai dari yang awalnya berantakan, jaitan mencong2, ga rapi, cuma bisa jahit tangan sampe akhirnya sekarang sudah mulai terlatih, mulai bisa jahit dengan mesin walo belum mahir (horreee), dan sekarang ga cuma bermain dengan kain flanel aja.

Kira2 beginilah metamorphosis selama perjalanan 2 tahun itu... :D

Mochie2 tahun 2009, awalnya bikin boneka2, trus mulai beralih ke feltcakes.


Tahun 2010, tahunnya Felt Food. :D


 Tahun 2011, mulai bikin kreasi2 baru , mulai aktif ngeblog.

Jadi ingin curhat dan berbagi pengalaman dengan teman2 mengenai proses selama 2 tahun ini, semua hal dan proses yang dilalui ga ada yang instan, hampir semuanya benar2 butuh proses. Waktu awal2 aku mulai, jahitannya ga rapi sama sekali, hasilnya pun ga bagus, tapi semakin lama mencoba, berlatih dan semakin mencintai, alhamdulillah, ada peningkatan jika dibandingkan dengan hasil jahitan 2 tahun yang lalu, hehehehe :D. Yap, asalkan mau berusaha, terus berlatih, ga menyerah karena ngeliat hasil kerjaan kita jelek, lama2 pasti ada hasil jahitannya lebih bagus, jadi terbiasa, dan semakin menikmati.


Begitu juga dengan soal bisnis craft n handmade ini, awal2 aku memilih untuk menjadikan craft n handmade ini sebagai mata pencaharian,  juga ga langsung laris, ga langsung banyak pembeli, beberapa website jual beli (kaskus, multiply) pernah aku coba sebagai sarana untuk menjual produk, bikin fanspage di fb, semua dilakukan supaya bisa laris. Butuh beberapa bulan untuk mulai banyak yang membeli dan memesan. Karena mungkin produk yang aku jual bentuknya kecil, jadi rata2 pesanannya dalam jumlah grosir. Semua pesanan sistemnya Pre Order, jadi aku membuat bentuk dan jumlah sesuai dengan apa yang diorder. Rupiah yang dikantongi memang menggiurkan, tapi deadline n tumpukan order yang harus diselesaikan, lama2 membuat jenuh. 


Akhirnya awal tahun 2011 kemarin, kejenuhan benar2 melanda, mulai merasa bosan bikin produk yang itu2 terus, bosan bikin produk yang sesuai dengan keinginan si pemesan dan bosan membuat produk dalam jumlah banyak. Apalagi setelah mengenal banyak teman2 crafter melalui blog ini dan banyak belajar dari mereka. Jadi semakin ingin mencoba sesuatu yang baru, mulai membatasi pesanan, dan membuat apa yang ingin kita buat, lalu menjualnya, bukan hanya membuat apa yang diinginkan oleh pembeli, dan yang pasti mulai merasa bosan dikejar2 deadline, hehehe. Seperti kata mba Dita Cemprut, Deadline itu membunuh kreatifitas :D. 


Jadinya, seperti sekarang ini, jumlah order untuk felt foods sudah dibatasi, mulai mencoba membuat kreasi2 baru, ingin lebih rajin ikut bazaar2 (tenyata ikut bazaar itu lebih seru dibanding mengerjakan pesanan preorder, hahahaha), dan mulai mewujudkan keinginan2 yang lain. Yaaahhh intinya bukan hanya sekedar memikirkan besarnya uang yang didapat dari apa yang aku tekuni sekarang, tapi bagaimana caranya untuk lebih menikmati dan mencintai pekerjaan handmade n craft ini agar bisa mewujudkan mimpi2 dan terus berkarya.. :D


Hwaaahhh, selesai juga curhatan ga pentingnya, hihihi.. :p
Oiya, Selamat hari sumpah pemuda ya temans.. :D

15 comments:

  1. mari kita berkembang bersama2 ya jeng :*

    ReplyDelete
  2. makasih share-nya ya, ndah.. :) selalu seneng baca curhatan gini soalnya jd bangkit lagi semangatnya ;)

    ReplyDelete
  3. @ Nda : Mari sist Linda, kita berjuang bersama, hihihi.. :*

    @ Mba novy : hehehe, Sama2 mbaaa, ayoo bersemangaatt... ^__^

    ReplyDelete
  4. wiiih sudah 2 tahun... aku baru mau genap setahun... hebat2.. terus semangat ya indah..

    wah klo aku kebanyakan kerjaannya deadline, tp tetap menikmati hasil akhirnya kalo udah dijejer banyak... rasanya puas banget. Next plan mau bikin karya2 felt dan kain.. ayoo smangaaaaaaatt Indah ^__^

    ReplyDelete
  5. ayooo kita terus belajar, semangat, berkarya....
    aq jg baru mau mulai lagi bercrafter,,,

    sendal bali

    ReplyDelete
  6. @ Dini : Makasih Diniii, Dini juga hebaadd, Ayo semangat jugaaaaaa.... \(^^)/

    @ Sandal Bali : ayo mba, mariiii sama2 belajar dan berkarya, Hidup kreasi anak negeri, hehehe... :D

    ReplyDelete
  7. hayo indah tetep semangaaaaaatt... \^_^/ nanti abis bisa jait pake mesin jahit, belajar sablon ndah.. :D

    ReplyDelete
  8. happy 2nd anniversary Indah :) aku malah baru menapaki dunia bisnis handmade nih, banyak belajar juga dari Indah. semangat! semoga ke depan bisa lebih baik :)

    ReplyDelete
  9. @Mba atut : Makasih mbaaaa... iya niih, target yang belum2 kesampean, belajar sablooonn, hihihi.. :D

    @Rika : Makasih rikaa, hehehe, ayoo sama2 belajar n mari bersemangaaattt..
    Amiin :)

    ReplyDelete
  10. hwaa...baru baca postingan ini..:) hehe maklum kbnyakan acara yg lain :D, makasih ya udah share..jadi lebih banyak tahu dan belajar cocok buat pemula kaya aq yg baru di dunia bisnis handmade. Baiklah mari bersemangattt untuk trus mnjadi lebih baik kedepan, aamiin ^^

    ReplyDelete
  11. yo'a, in syaa Allah someday you will be a very good mother :D ttp berkarya, wahai anak muda (tsah bhs lo in...)

    ReplyDelete
  12. Dhini : Hihihihi, lagi sibuk ya dhin? ayoo, ayoo, kita bersemangaatt... :D

    Mba Iin : InsyaAllah, aamiin :)< makasih mba in.. :D

    ReplyDelete
  13. wah,, bagus,mbak curhatannya,, hehehe,, bisa buat pelajaran bagi pemula kayak saya hehehe,,, saya setuju kalo bikin sesuai keinginan sendiri,, rasanya puas banget, apalagi kalo barang itu juga disuka sama pembeli, rasanya dobel2 puasnya ahahaha,,, semangat,mbak Indah,,,!!

    ReplyDelete
  14. Hi mbak, saya udh liat karya2nya mbak, unyu2 banget deh ^o^, jadi ngefans! :p Karena saya masih pemula dalam hal crafting, boleh dong saya minta kritik dan sarannya mbak :D
    thx a loot
    :*

    ReplyDelete
  15. @Asimetris : hehe, makasih mbaa.. bener banget tuuh, ayoo mari bersemangat bersama.. ^__^

    @Annisa : hwaa, makasiihh... hihihi, ayoo sama2 belajaar... :)

    ReplyDelete